Modern Engine Tuning
A. Grahamm Bell


  • Translate by techno....
    Mesin 4 tak telah memasuki era baru. Era kontrol emisi, bahan bakar tanpa timbal, engine management system dsb. Untuk para tuner dan penggemar balap, keadaan ini bisa menyulitkan, karena  faktanya banyak para  tuner lebih menyukai era dahulu, mereka merasakan bahwa mesin performa tinggi dan mesin tune up, akan kehabisan tempat. Hal itu tidaklah benar. Mesin-mesin modern sangat berpotensi untuk perfoma maksimal dengan efisiensi yang lebih baik.

    Pada dasarnya konstruksi mesin modern tidak berbeda dengan konstruksi mesin-mesin pada era terdahulu. Tetap mempunyai banyak kesamaan fitur mekanis, tetapi dengan berbagai penyesuaian terhadap kem, silinder head, exhaust system, dan system karburasi.  Perbedaan yang ada terletak pada sinkronisasi seluruh system kerja mesin yang jauh lebih presisi.

    Seperti kebanyakan mekanik, kita cenderung lebih menyukai sesuatu yg berhubungan dengan hal-hal mekanis, sesuatu yang dapat dilihat dan rasakan. Kita juga tahu karburator dengan venturi besar akan mengalirkan lebih banyak campuran udara dan bahan bakar, dan kita dapat melihat dan mengetahui dari berbagai eksperimen dimana durasi dan profil  kem akan menentukan karakter mesin.
    Tetapi bagaimana kita dapat mensinkronisasi setiap sistem kerja mesin secara tepat? Saya rasa tidak ada satu mekanikpun di dunia yang dapat melakukan dengan sangat presisi dengan cara konvensional.

    Pada sebuah mesin modern ada banyak kompnen yg saling berhubungan, seperti saluran bahan bakar, sensor, kabel, modul komputer, dan dapat disimpulkan bahwa  mesin ini tidak akan dengan mudah dimodifikasi, hingga pada suatu saat  kami mulai serius mempelajari manual book mesin-mesin tsb, dan akhirnya dapat mengetahui sedikit demi sedikit tentang fungsi dari berbagai macam system modern dan cara kerjanya.  Yg pasti semua masih sejalan dengan fungsi dan siklus kerja motor 4 langkah.

    Pada masa depan fungsi dari fitur-fitur tersebut pastinya akan terus diaplikasikan pada mesin-mesin modern terbaru, dimana pabrik pembuat mesin akan berusaha untuk menemukan titik kompromisasi antara performa mesin dengan peraturan ambang emisi gas buang, dan pemakaian bahan bakar yang efisien..............................
    TO BE CONTINUED>>>>>>>


3 komentar:

  1. blognya kok ga di urus lagi mas /?????/

    BalasHapus
  2. bikin cam bwat FU berapa yah om...klo bs lift nya tinggi...spek 67mm....

    BalasHapus
  3. om untuk byson semi race berapa ya.....
    email ya om fauzi.psb64@gmail.com

    BalasHapus